situs ini membahas mengenai informasi buah, biji-bijian, dan sayuran

Wednesday, September 27, 2017

Mengenal Macam-Macam Jenis Buah Pisang

Macam-Macam Jenis Buah Pisang

1. Pisang Ambon

Pisang ambon memiliki daging yang tebal, kulitnya hijau agak kuning serta berwarna putih kekuning-kuningan, serta memiliki rasa yang manis.
Pisang ambon ini buah asli indonesia, buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis camilan atau sebagai pencuci mulut. Terdapat beberapa macam pisang ambon diantaranya:
Pisang ambon lumut, memiliki warna kulit hijau muda walaupun sudah ranum serta warna dagingnya lebih putih. Kemudian pisang ambon kuning, memiliki warna kulit kuning, daging buah berwarna putih kemerahan serta ukuran buah yang besar.
Kemudian pisang ambon putih memiliki rasa yang agak asam, bau buah yang khas, daging buah berwarna putih, serta kulit buah yang berwarna kuning.
Pisang ambon



2. Pisang Cavendish

Pisang cavendish biasanya digunakan sebagai cuci mulut, pisang jenis ini memiliki warna pohon hijau kehitaman, memiliki ketinggian maksimal 3 m, warna daun hijau tua. Pisang ini juga dapat menghasilkan tandan yang panjangnya mencapai 60-100 cm, biasanya terdapat 8-12 sisir dan setiap sisirnya terdapat sekitar 12-13 buah.
Warna daging buah pisang ini yaitu putih agak kekuningan serta memiliki rasa yang berbeda yaitu rasa asam namun tidak dominan dengan rasa manisnya.
Biasanya pisang ini dikembangkan melalui kultur jaringan karena lebih tahan terhadap penyakit layu panama atau layu moko.


Pisang cavendish

3. Pisang Mas

Pisang mas juga memiliki kandungan vitamin  yang tinggi serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, pisang ini juga memiliki rasa yang manis, aroma yang harum serta bentuknya yang kecil.
Buah pisang ini terjamin dari zat-zat kimia dan zat yang tidak berguna untuk tubuh karena kulit pisang ini dapat menyerap racun, residu kimia pada buah pisang itu sendiri, akan seemakin banyak nutrisi jika semakin tua buahnya.
Pisang mas

4. Pisang Susu

Pisang susu memiliki kandungan asam folat yang baik untuk di konsumsi ibu hamil karena sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan dalam rahim. Satu buah pisang memiliki 80-100 kalori untuk itu tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak agar manfaat yang di dapat maksimal.
Milkshake pisang yang dicampur dengan madu, madu dapat meningkatkan kadar gula sedangkan pisang dapat mengatasi mual.
Pisang susu

5. Pisang Kepok

Pisang kepok memiliki dua jenis yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning, akan terlihat perbedaannya ketika di kupas pisang kepok puti akan tampak lebih putih pucat jika pisang kepok kuning akan terlihat berwarna kekuningan.
Buah pisang memiliki bentuk persegi dan agak gepeng, serta ukurannya kecil, kulit buahnya tebal berwarna kuning kehijauan dan bernoda coklat dengan berat sekitar 80-120 g dan panjang sekitar 10-12 cm.
Rasa pisangnya juga berbeda pisang putih lebih asam namun pisang kuning lebih manis, buah pisang ini juga enak dibuat menjadi keripik.
Pisang kepok

6. Pisang Nangka

Buah pisang ini berukuran besar, daging buahnya berwarna kuning kemerahan, aroma yang harum, rasanya manis namun agak asam. panjang buahnya mencapai 28 cm, dan memiliki berat sekitar 150-180 g. Buah pisang ini berasal dari daerang Malang, Jawa Timur, bentuk buah pisang ini melengkung.
Pisang nangka

7. Pisang Tanduk

Mengonsumsi pisang ini mengandung karbohidrat dan serat yang dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan serta membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur.
Pisang ini juga mengandung pektin yang dapat membantu meningkatkan pencernaan, selain itu juga memiliki efek antasid untuk mencegah kekambuhan penyakit maag serta mengurangi resiko kanker lambung.
Pisang ini memiliki bentuk melengkung seperti tanduk, buahnya besar panjang. Panjang buahnya sekitar 30 cm, buah pisang ini memiliki berat sekitar 300 g, memiliki warna kulit kuning kemerahan dan kulitnya tebal namun juga berbintik coklat pada kulit buahnya.
Pisang ini memiliki rasa manis namun sedikit asam tetapi memiliki aroma yang khas, serta daging buahnya berwarna merah kekuningan, namun produksi buahnya sedikit karena dalam satu pohon hanya menghasilkan 3 sisir dan dalam satu sisir hanya terdapat 10 buah, dan beratnya sekitar 300 g.
Pisang tanduk

8. Pisang Lemak Manis

Pisang ini memiliki kulit yang tipis, rasanya yang manis dan pisang ini tergolong kecil bentuknya. Namun pisang ini juga dapat digunakan sebagai pisang hias maupun dimakan secara langsung, sehingga banyak orang yang menyukai pisang ini karena memiliki rasa yang manis.
Pisang lemak manis

9. Pisang Barangan 

Pisang jenis ini memiliki aroma yang khas, rasanya manis dan warna daging buahnya agak orange. Pisang ini berukuran 12-18 cm, 
pisang ini juga enak di buat baerbagai macam makanan dan banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak.


Pisang barangan

10. Pisang Ambon Lumut

Rasa buah pisang ini manis, aroma yang khas, jika sudah matang buah ini berwarna hijau atau hijau kekuningan disertai bintik-bintik coklat kehitaman. Buah ini berukuan 15-20 cm, berat satu tandan mancapai 15-18 kg, jumlah sisir yaitu 8-12 dan dalam setiap sisir berjumlah 20 buah.
Pisang jenis ini juga dapat di gunakan sebagai pisang hias maupun dimakan secara langsung.
Pisang ambon lumut

11. Pisang Ambon Putih

Pisang ini mempunyai aroma yang khas serta rasanya yang manis namun sedikit asam, daging buahnya berwarna putih kekuningan, saat matang buah akan berwarna kuning keputihan.
Buah ini juga dapat digunakan sebagai buah pencuci mulut maupun untuk makanan bayi. Dalam satu tandan terdapat 10-14 sisir, setiap sisirnya terdapat 14-24 buah.
Pisang ambon puttih

12. Pisang Kapas

Pisang ini memiliki rasa yang manis, daging buah berwarna putih kekuningan, kulit buah yang tebal, warna kulit buahnya kuning dengan bintik-bintik hitam namun memiliki aroma yang kurang.
Dalam satu tandan biasanya terdapat 7 sisir dan 15 buah dalm ssatu sisir serta panjang buah mencapai 6 cm.
Pisang kapas

13. Pisang Kidang

Pisang ini memiliki rasa yang manis, kulit buahnya berwarna merah jingga namun agak ungu, daging buah berwarna putih, aroma yang harum, serta dapat sebagai pencuci mulut.
Dalam satu tandan terdiri 5-7 sisir dan dalam setiap sisirnya terdapat 12-13 buah, serta memiliki panjang 13 cm.
Pisang kidang

14. Pisang Lampung

Pisang ini memiliki rasa yang manis, aroma yang harum, daging buah berwarna putih kemerahan, kulit buah berwarna kuning. Pisang inii juga enak dimakan secara langsung maupun sebagai pencuci mulut.
Sebenarnya  pisang ini hampir sama dengan pisang mas, bedanya hanya pada ujung buahnya, jika pisang lampung memiliki ujung yang lancip namun pisang mas memiliki ujung yang tumpul.
Dalam setiap tandan terdiri dari 6-8 sisir dan setiap sisir terdiri dari 18-20 buah, memiliki panjang 9 cm dan berat 50 grm.
Pisang lampung

15. Pisang Tongkat Langit


Pisang ini memiliki warna kulit merah jingga dan daging buahnya berwarna putih kuning. Mengapa buah ini disebut pisang togkat langit itu karena pada tandan buahnya yang menuju ke atas.
Berat satu sisirnya yaitu 1.200 grm, panjangnya mencapai 20 cm, dan berat buahnya 150 grm. Dulu buah ini juga diyakini mampu menyembuhkan penyakit kuning.
Pisang tongkat langit

16. Pisang Awak

Warna pada daging buah putih kekuningan, berbentuk lurus dengan pagkal yang bulat, ketebalan kulit buah ini mencapai 0,3 cm, panjang buah sekitar 15 cm.
Dalam satu tandan terdapat 18 sisir dan dalam 1 sisir terdapat 11 buah. Buah ini akan masak ketika sudah berumur 5 bulan. Pisang ini juga dapat di buat menjadi makanan ringan seperti kripik dan lain-lain, dapat di gunakan sebagai pencuci mulut maupun dimakan secara langsung.
Pisang awak

17. Pisang Badak

Pisang ini mempunyai rasa yang manis, warna buah putih kekuningan, tidak memiliki biji. Dalam satu tandan hanya terdiri 7 sisir, dalam 1 sisir terdiri sampai 27 buah dengan berat buah 75 grm, dan panjang 16 cm. 
Buah ini akn masak ketika sudah berumur 4 bulan. Buah ini juga dapat digunakan sebagai pencuci mulut karena rasanya yang manis.
Pisang badak

18. Pisang Camar Abang

Pisang jenis ini juga tidak memiliki biji, daging buahnya berwarna kuning, memiliki bentuk yang melengkung serta pangkal yang bulat. Berat satu buah sekitar 75 grm dan panjang 14,5 sm, dalam satu tundun terdiri dari 5 sisir dan dalam satu sisir terdiri dari 15 buah, untuk masa masak buah ini adalah 5 bulan. Buah ini juga dapat dibuat menjadi makanan ringan dan lain-lain. 
Pisang camar abang

19. Pisang Camar Putih

Pisang ini memiliki warna daging buah kuning keputihan, tidak memiliki biji, memiliki kulit yang tebal, berbentuk lurus dengan pangkal bulat, panjang sekitar 15 cm. Dalam satu tundu terdiri dari 6 sisir, dan dalam satu sisir terdiri dari 15 buah. 
Untuk masa masak buah ini adalah 5 bulan, buah ini juga dapat dibuat menjadi beberapa makanan ringan yang enak.
Pisang camar putih

20. Pisang Barly

Pisang ini memiliki bentuk lurus dengan pangkal bulat, daging buah berwarna kuning, tidak memiliki biji, serta kulit buah setebal 0,2 cm dan berat buah kurang lebih 39 grm.
Buah ini akan masak setelah berumur 5,5 bulan mulai dari setelah berbunga, dalam satu tundun terdiri dari 6 sisir dan setiap sisirnya terdiri dari 15 buah.
Pisang barly

21. Pisang Brintu

Pisang ini memiliki daging buah berwarna kuning, memiliki ketebalan kulit sekitar 0,2 cm, tidak memiliki biji, berat buah sekitar 120 grm, terdiri dari 7 sisir dalam satu tandan dan dalam satu sisir terdiri 16 buah.
Tanaman ini akan berbunga setelah berumur 11 bulan dan akan masak setelah berumur 4,5 bulan. Biasanya pisang ini akan di olah menjadi makanan ringan yang enak.
Pisang brintu

22. Pisang Rayap

Pisang jenis ini memiliki bentuk yang lurus, tidak berbiji, panjang buah sekitar 9 cm, ketebalan kulit sekitar 0,2 cm dan daging buah yang berwarna kuning muda dengan berat buah sekitar 81 grm.
Tanaman ini akan berbunga setelah berumur 12 bulan dan akan masak setelah berumur 4 bulan. Dalam satu tandan pisang rayap ini terdiri dari enam sisir disetiap sisirnya terdiri dari 13 buah pisang.
Pisang rayap

23. Pisang Salah Roso

Pisang ini berbentuk yang lurus, tidak memiliki biji, daging buah berwarna putih kekuningan, panjang buah sekitar 10 cm, dan berat sekitar 90 grm.
Tanaman ini akan berbunga ketika berumur 14 bulan dan akan masak ketika sudah berumur 5 bulan, dalm satu tandan terdiri dari 8 sisir dan disetiap sisirnya terdiri dari 10 buah. Biasanya buah ini juga dibuat menjadi makanan ringan.
Pisang salah roso

24. Pisang Sembat

Pisang ini memiliki bentuk yang lurus, tidak berbiji, daging buah berwarna kuning, panjang buah sekitar 15 cm dan berat 120 grm.
Dalam satu tandan akan terdiri dari 9 sisir serta 13 buah dalam setiap sisirnya. Tanaman ini akan berbunga setelah berumur 13 bulan dan akan masak setelah berumur 4 bulan.
Pisang sembat

25. Pisang Kawisto

Pisang ini memiliki bentuk yang lurus dengan pangkal yang bulat, tidak memiliki biji, daging buah berwarna keputihan, serta kulit setebal 0,3 cm. Pisang ini memilikipanjang sekitar 11 cm, serta berat buah sekitar 100 grm,
dalam satu tandan terdiri dari 8 sisir dan 12 buah dalam setiap sisirnya, biasanya pisang ini akan berbunga setelah berumur 14 bulan dan akan masak ketika berumur 5 bulan. Buah ini biasanya dibuat menjadi makanan ringan seperti sale pisang maupun keripik pisang dan lain-lain.
Pisang kawisto

26. Pisang Sawo Awu

Daging buah ini berwarna putih kekuningan, tidak memiliki biji, bentuknya lurus, panjangnya 13,2 cm dan berat 10 grm.
Dalam setiap tandan terdapat 4 sisir dan 8 buah dalam setiap sisirnya, tanaman ini akan berbunga ketika berumur 16 bulan dan setelah 5,5 bulan buah ini akan masak.
Pisang sawo awu

27. Pisang Cici

Dalam satu tandan terdapat 6 sisir buah pisang dan 12 buah pisang dalam setiap sisir, panjang buah  ini sekitar 12 cm, dan berat sekitar 40 grm.
Daging buah ini berwarna krem serta tidak memiliki biji, berbentuk lurus disertai dengan pangkal yang bulat, tebal kulit buah sekitar 0,2 cm. Perlu waktu 12 bulan untuk tanaman ini berbunga dan 3,5 untuk buah ini masak.
Pisang cici

28. Pisang Empat Puluh Hari

Pisang ini memiliki beentuk yang melengkung disertai pangkal bulat, tidak memiliki biji, warna kuning pada daging buahnya serta ketebalan kulit mencapai 0,2 cm, dengan berat buah sekitar 35 grm.
Dalam 1 tandan terdiri dari 8 sisir dan 13 buah dalam setiap sisirnya, tanaman ini akan berbunga ketika berumur 14 bulan dan akan masak ketika berumur 4,5 bulan. Pisang ini juga dapat dibuat menjadi makanan ringan.
Pisang empt puluh hari

29. Pisang Graito

Daging buah pisang ini berwarna putih kekuningan, berbentuk lurus dengan pangkal bulat dilapisi kulit yang mempunyai ketebalan sekitar 0,4 cm, tidak berbiji, serta panjangnya sekitar 16 cm.
1 tandan pisang jenis ini terdapat 4 buah sisir dan 11 buah pisang dalam 1 sisir, setelah 12 bulan maka pisang ini akan berbunga dan setelah 4,5 bulan pisang akan masak. Pisang ini juga dapat digunakan sebagai hiasan meja maupun dibuat menjadi berbagai jenis makanan ringan.
Pisang graito

30. Pisang Masan

Pisang ini tidak memiliki biji, panjangnya sekitar 14-18 cm, daging buahnya berwarna kuning, serta tebal kulit sekitar 0,35 cm.
Butuh waktu 14 bulan untuk tanaman ini berbunga dan setelah 5 bulan maka buah ini akan masak, biasanya 1 tandan buah pisang ini terdapat 6 buar sisir dan 15 buah dalam setiap sisinya.
Pisang masan

31. Pisang Raja

Pisang raja ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah kanker serta mengurangi dampak radikal bebas.
Buah pisang ini memiliki rasa yang manis sehingga banyak disukai banyak orang serta dapat diolah menjadi menjadi berbagai jenis makanan, buah ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk indonesia dan malaysia.
Dalam 1 tandan terdapat 6 sisir dan 15 buah pisang dalam setiap sisirnya, berat pisang ini sekitar 92 grm, tidak memiliki biji, warna dagingnya kuning kemerahan, buahnya berbentuk melengkung serta pangkal yang bulat.
Dalam 14 bulan tanaman ini akan berbunga dan butuh waktu sekitar 5 bulan lebih untuk buah ini masak.
Pisang raja


32.Pisang Raja Sere

Daging buah pisang ini berwarna putih, memiliki aroma yang yang khas, rasanya manis, berkulit tipis, pisang ini akan berwarna kuning kecoklatan disertai bintik coklat kehitaman saat matang.
Biasanya pisang ini lebih di kenal dengan sebutan pisang meja, pisang ini juga cocok di jadikan hiasan, biasanya dalam 1 tandan terdiri dari 5-9 sisir dan 12-16 buah pisang dalam setiap sisirnya.
Pisang raja sere

33. Pisang Raja Uli

Daging buah pisang ini berwarna putih, memiliki aroma yang harum serta memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang menyukai buah pisang ini.
Panjang buah pisang ini sekitar 18 cm, berat 120 grm, terdapat 5-8 sisir dalam 1 tandan, pisang ini juga enak dinikmati secara langsung, di goreng maupun di buat menjadi olahan lain.
Pisang raja uli

34. Pisang Raja Jambe

Buah ini berbentuk lurus serta memiliki pangkal yang bulat, dengan panjang buah sekitar 7,8 cm, daging buah berwarna putih kekuningan, berat buah sekitar 80 grm, dan tidak terdapat biji pada buahnya, ketebalan kulitnya sekitar 0,2 cm.
Terdapat 13 sisir dalam 1 tandan, dalam 17 bulan tanaman ini akan berbunga dan setelah 5 bulan buaah ini akan masak. Buah ini juga biasanya di olah menjadi berbagai jenis makanan ringan.
Pisang raja jambe

35. Pisang Raja Molo

Daging buah pisang ini berwarna kuning kemerahan, berbentuk lurus serta ketebalan kulit sekitar 0,3 cm, tidak memiliki biji, berat buah sekitar 100 grm, serta panjang buah sekitar 12 cm.
Terdapat 6 sisir dalam 1 tandan dan 10-13 buah dalam 1 sisir, biasanya tanaman ini akan berbunga jika sudah berumur 17 bulan dan setelah 5 bulan maka buah ini akan masak.
Pisang ini juga dapat di gunakan sebagai hiasan maupun di buat menjadi berbgai jenis makanan.
Pisang raja molo

36. Pisang Raja Kul

Dalam 1 tandan biasanya terdapat 16 sisir dan 15 buah dalam setiap sisirnya, memiliki berat sekitar 40 grm, panjang 8 cm, tidak memiliki biji serta daging buah yang berwarna kuning.
Butuh waktu sampai 14 bulan untuk tanaman ini berbunga, serta 5 bulan setelah berbunga maka pisang baru akan masak. Biasanya pisang inni digunakan sebagai pisang meja atau hiasan maupun di makan secara langsung.
Pisang raja kul

37. Pisang Raja Tahun

Terdapat 4 buah sisir dalam 1 tandan serta 15 buah dalam 1 sisir, buah ini berbentuk lurus di sertai dengan pangkal yang bulat, buahnya berwarna kuning keputihan, dengan tebal kulit 0,3 cm, tidak memiliki biji, memiliki berat sekitar 60 grm serta panjang 11 cm.
Tanaman ini akan berbunga ketika berumur 14 bulan dan akan masak ketika berumur 5 bulan. banyak orang yang menggunakan pisang ini sebagai pisang hias maupun di olah menjadi berbagai jenis makanan.
Pisang raja tahun

38. Pisang Raja Bulu

Pisang ini  memiliki rasa yang manis, daging buahnya tebal dan berwarna putih kemerahan, aroma yang khas, dan berwarna kuning disertai bintik coklat ketika sudah matang, dengan panjang buah sekitar 25-35 cm.
Biasanya pisang ini di jadikan sebagai pisang meja atau pisang hias serta berbagai olahan pisang lain, seperti madu yang di campur dengan pisang yang dikukus diyakini dapat menguatkan jantung kita, pisang juga dapat di jadikan solusi yang baik untuk diet.
Dalam 1 tandan terdapat 6-7 sisir serta 10-15 buah dalam setiap sisirnya.
Pisang raja bulu

Itulah beberapa kumpulan tentang macam-macam jenis buah pisang. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai buah pisang dan semoga bermanfaat. Tidak hanya itu saja terdapat juga artikel tentang Kumpulan Manfaat Buah Yang Dapat Mengobati Penyakit. Jangan lupa untuk membacanya ya.












  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Macam-Macam Jenis Buah Pisang

0 komentar:

Post a Comment