situs ini membahas mengenai informasi buah, biji-bijian, dan sayuran

Thursday, October 5, 2017

10 Jenis Buah Mangga Yang Terkenal Di Indonesia

Terdapat beberapa jenis buah mangga di indonesia diantaranya:
 Karakteristik Buah Mangga

1. Mangga Madu

Mangga madu ini memiliki warna kuning hingga kuning tua, aromanya sangat harum, mempunyai rasa yang sangat manis, serat pada biji buah pendek, mempunyai kadar air yang sedang, sedikit serat.
Buah mangga ini memiliki panjang kurang lebih 9 cm, berbentuk bulat panjang serta pada bagian ujung buah bulat, terdapat bintik-bintik berwarna putih kehijauan, lekukan dan paruh di ujung buah tidak begitu jelas, serta kulit halus yang dilapisi lilin. Berat buah sekitar 375 grm, memiliki daun yang lonjong serta melipat dan memiliki ujung yang runcing, percabangan serta daunnya sedikit dan jarang berubah, buah ini juga banyak di sukai karena rasanya yang manis.
Mangga Madu

2. Mangga Harum Manis

Mangga harum manis ini juga memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat, berwarna hijau, kulit buah tertutup lapisan lilin, daging buah berwarna kuning dan tebal, bijinya berbentuk pipih, tidak memiliki banyak serat, serta seratnya pendek, terdapat bintik-bintik berwarna putih kehijauan pada permukaan kulit buah. Buah ini memiliki bentuk yang bulat panjang, panjangnya sekitar 15 cm, serta memiliki berat sekitar 450 grm.
Mangga Harum Manis

3. Mangga Golek

Mangga golek memiliki daging buah yang cukup tebal, mempunyai warna daging kuning tua, tidak berserat, tekstur daging agak lunak, memiliki rasa yang manis, aroma yang cukup harum serta kandungan air yang tidak terlalu banyak. Mangga golek memiliki bentuk daun yang lonjong, pada bagian ujungnya memiliki bentuk seperti mata tombak serta bagian pangkal yang runcing, terdapat bintik-bintik pada kulit buah, setelah masak warnanya akan berubah menjadi agak kecoklatan, memiliki panjang sekitar 17 cm, beratnya kurang lebih sekitar 500 grm, daunnya memiliki panjang sekitar 24 cm dan lebar 6 cm.
Mangga Golek

4. Mangga Manalagi

Mangga ini memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning, tidak banyak mengandung air, serat yang halus, tekstur yan lunak, segar, rasa yang manis, aroma yang sangat khas, berserat pendek, terdapat biji buah yang agak besar sera panjangnya sekitar 14 cm. memiliki bentuk daun yang lonjong dengan ujung yang runcing, panjangnya sekitar 25 cm, permukaan daun agak berombak, memiliki pangkal daun yang besar serta tidak terlalu runcing, kulit buah cukup tebal, terdapat bintik-bintik putih pada bagian kulit, berwarna hijau tua dan tertutup lapisan lilin yang berwarna kelabu ketika sudah masak, berat buah sekitar 500 grm, dan panjang bbuah sekitar 16 cm.
Mangga Manalagi

5. Mangga Telor

Mangga ini memiliki bentuk bulat kecil, pangkal buahnya bulat disertai ujung agak berparuh dan ditak berlekuk, memiliki panjang sekitar 7 cm, berdiameter 5-6 cm, berat kurang lebih 200 grm.
Mangga ini memiliki bentuk bunga yang lonjong, panjang bungan mencapai 24 cm, panjang bunga kurang lebih 19 cm serta lebar 5 cm, dan pada bagian pangkal ujungnya meruncing. Memiliki rasa yang manis, tidak banyak mengandung air, terdapat serat yang cukup kasar pada daging buahnya namun aroma buah tidak bagitu harum, terdapat bintik-bintik putih keijauan pada kulit buah, dan memiliki permukaan kulit yang halus berlilin.
Mangga Telor

6. Mangga Lalijiwo

Mangga ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, beratnya hanya sekitar 200 grm, panjangnya sekitar 7 cm, memiliki sedikit lekuk dan berparuh, berbentuk agak bulat pada bagian ujungnya, memiliki panjang daun sekitar 20 cm, berwarna hijau tua, pada bagian pangkal serta ujungnya runcing dan benttuknya yang lonjong. Daging buahnya berwarna kuning tua, aroma tidak terlalu harum, tidak banyak mengandung air, rasa yang manis, kulit buah berwarna hijau disertai bintik-bintik berwarna putih kehijauan.
Mangga Lalijiwo

7. Mangga Indramayu

Mangga indramayu memiliki rasa yang manis, aroma yang sangat harum, berserat khas, agak berair, serta bentuk buah yang berbeda dengan yang lain sehinga mudah dibedakan.
Mangga Indramayu

8. Mangga Apel

Mangga in memiliki bentuk yang menyerupai apel sehingga di sebut mangga apel, rasanya agak manis, berwarna hijau agak ungu kemerahan, mangga ini sangat cocok untuk di jadikan rujak dan mangga ini begitu diminati.
Mangga Apel

9. Mangga Gedong Gincu

Memiliki bentuk yang bulat, rasa yang manis serta kenyal, berkulit tebal, aroma yang cukup harum, terdapat bintik-bintik bulat kecil yang berwarna warni pada bagian pangkal buah, terdapat endokarpium pada bagian dalamnya. Kulitnya berwarna coklat abu-abu, daun berwarna kemerahan, terdapat banyak bunga yang berwarna hijau kekuningan, memiliki daun tunggal, berseling serta jorong hingga lanset dan kaku.
Mangga Gedong Gincu


10. Mangga Kueni/Kweni

Daging buah mangga ini berwarna kuning, serat yang kasar, mengadung air, rasa yang manis dan memiliki aroma yang khas. Kulitnya halus dilapisi lilin, pada pangkal buah akan berwarna hijau ketika sudah masak, serta terdapat bintik-bintik putih kehijauan, memiliki permukaan daun yang bergelombang, panjangnya sekitar 25 cm, lebar 6 cm, pada pangkal ujungnya meruncing,  buahnya berbenuk lonjong, tidak berlekk dan berparuh, ujungnya bulat, dengan berat sekitar 350 grm, dan panjang sekitar 11 cm.
Mangga Kweni
Itulah beberapa jenis buah mangga yang terkenal di indonesia semoga anda menyukainya dan dapat menambah wawasan anda mengenai buah mangga, selanjutnya anda dapat melihat artikel lain tentang Mengenal Ragam Jenis Buah Apel.


  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Jenis Buah Mangga Yang Terkenal Di Indonesia

0 komentar:

Post a Comment