situs ini membahas mengenai informasi buah, biji-bijian, dan sayuran

Thursday, December 7, 2017

15 Buah-Buahan Kaya Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat

1. Buah Apel

Buah yang mengandung serat yang pertama adalah buah apel, buah apel memiliki kandungan manfaat yang begitu banyak, kandungan serat dalam buah apel juga terdapat pada kulit buah apel. Untuk itu jika kita mengonsumsi buah apel sebaiknya jangan dikupas kulitnya namun bila kita mengonsumsinya juga harus benar-benar dalam keadaan bersih. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa 'an apples a day the doctor away' yaitu dengan mengonsumsi satu buah apel secara rutin maka anda akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Apel

2. Buah Pisang

Buah pisang juga termasuk buah yang kaya akan serat, buah pisang bisa mengobati stroke, menurunkan kolestrol serta mengobati lambung, dalam buah pisang juga terdapat kandungan serat hingga 0,6 gram dalam 100 gram pisang. Tak hanya itu saja dalam buah pisng juga terdapat kandungan natrium serta kalium yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kinerja tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin akan baik bagi kesehatan serta dapat memperlancar pencernaan.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Pisang

3. Buah Pepaya

Buah pepaya juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, buah pepaya juga memiliki kandungan karbohidrat, magnesium, kalsium, kalium, vitamin B, vitamin C, vitamin A serta serat hingga 1,3 gram dalam 100 gram buah pepaya. Akan sangat baik bagi kesehatan apabila rutin dikonsumsi karena buah pepaya termasuk buah yang kaya akan serat.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Pepaya

4. Buah Alpukat

Buah alpukat ini merupakan buah yang mengandung serat yang tinggi, buah ini dapat digunakan untuk perawatan kecantikan serta penyembuhan anemia, dalam buah alpukat terdapat kandungan serat hingga 2,2 gram dalam 100 gram buah avokad yang dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan sehingga sangat baik jika rutin dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap normal.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Alpukat

5. Buah Jambu Biji Merah

Buah jambu biji merah memiliki kandungan rendah glukosa serta rendah kalori yang sangat baik untuk terapi penyembuhan diabetes. Tak hanya itu saja buah jambu biji ini juga memiliki kandungan serat hinggaa 7,3 gram dari 100 gram buah jambu biji merah. Biasanya buah ini dibuat menjadi jus yang segar ataupun dimakan secara langsung, buah ini juga termasuk jeenis buah yang mengandung banyak serat.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Jambu Biji Merah

6. Buah Pir Hijau

Buah pir hijau merupakan buah yang memeiliki kandungan serat yang tinggi, tak hanya memiliki kandungan serat hingga 2,3 gram dalam 100 gram buah  pir namun juga terdapat kandungan kalsium, magnesium, pektin, vitamin C dan kalium. Buah pir juga bermanfaat untuk meredakan panas, batuk, mencegah konstipasi serta melancarkan pencernaan.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Pir Hijau

7. Buah Belimbing

Buah termasuk dalam jenis buah yang memiliki kandungan serat yang cukup banyak, memiliki manfaat yang baik yaitu melancarkan pembuangan tinja, meredakan panas dalam dan infeksi tenggorokan, buah belimbing juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan diabetes melitus. Beberapa kandungan dalam buah belimbing diantaranya vitamin B, vitamin A, vitamin C, sejumlah serat asam buah dan serat hingga 1 gram dalam 100 gram buah belimbing.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Belimbing

8. Buah Melon

Dalam buah melon terdapat kandungan kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A serta serat hingga 0,7 gram dalaam 100 gram buah melon. Buah melon ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol, melancarkan pencernaan serta membersihkan sistem sirkulasi darah karena buah melon merupakan buah yang mengandung serat.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Melon

9. Buah Mangga

Buah yang memiliki kandungan serat selanjutnya adalah buah mangga, buah mangga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan yaitu dapat menguatkan jaringan tubuh, mencegah kanker, terapi kecantikan, mencegah gangguan pembuluh darah serta melancarkan saluran pencernaan. Kandungan dalam buah mangga diantaranya fruktosa, pektin, vitamin serta serat yang mencapai 1,6 gram dalam 100 gram buah mangga.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Mangga

10. Buah Nanas

Buah nanas memiliki kandungan serat sebesar 1 gram dalam 100 gram buah nanas yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, serta terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan lain dalam buah nanas adalah kalsium, magnesium, vitamin A serta mangan yang dapat membantu mengatasi sariawan, panas, batuk,, anemia serta mencegah konstipasi, buah nanas juga termasuk buah yang mengandung serat yang tinggi.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Nanas


11. Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan serat, dalam 100 gram buah semangka terdapat kandungan serat sebesar 0,3 gram, dalam buah semangka juga terdapat kandungan kalium, magnesium, licopene, fosfor, vitamin C, dan vitamin A. Buah semangka juga memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya dapat melancarkan buang air kecil, menguatkan daya tahan tubuh, memperlambat penuaan, menguatkan ginjal, mengatasi gangguan liver, mencegah kanker usus, menurunkan kolestrol, sebagai antioksidan, anti kanker, anti alergi, mengatasi sariawan, menurunkan demam, menghilangkan kolik ( sakit perut tiba-tiba) dan antideuretik.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
BBuah Semangka

12. Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng yang berbentuk bulat kecil serta memiliki rasa yang cukup manis ini memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya dapat mencegah anemia, mencegah rambut memutih dini, menambah nafsu makan, mempercepat penyembuhan luka luar, melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan fungsi saraf, mencegah konstipasi, memperbaiki peredaran darah, fungsi jantung serta dapat digunakan untuk terapi kecantikan. Kandungan serat serta energi yang cukup tinggi dapat meningkatkan stamina tubuh teruma setelah sakit, buah kelengkeng juga merupakan buah yang mengandung serat yang cukup banyak.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Kelengkeng

13. Buah Tomat

Buah tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan serat, yaitu 4,2 gram dari 100 gram buah tomat, serta kandungan lain yaitu licopenee (zat warna merah tomat) yang dapat mencegah kanker prostat dan zat gizi seperti vitamin B1, vitamin C, provit A dan sam sitrat. Tak hanya itu saja buah tomat juga kaya manfaat seperti menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menjaga kesehatan hati, membantu pembentukan glikogen, mencegah usus buntu, mencegah gusi berdarah, membersihkan darah serta hati, dapat digunakan untuk diet, serta kandungan lecitin yang dapat meningkatkan nafsu makan.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Tomat


14. Buah Leci

Buah leci termasuk jenis buah yang kaya serat, buah ini mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, sukrosa, magnesium, glukosa yang tinggi dan tinggi serat yakni mencapai 1,6 gram dari 100 gram buah leci. Buah leci yang memiliki bentuk seperti buah rambutan serta memiliki rasa yang begitu manis ini juga bisa untuk merawat kulit, namun bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini karena dapat menaikan kadar glukosa dalam darah.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Leci

15. Buah Naga

Buah naga termasuk buah yang kaya akan serat, kandungan yang terdapat dalam buah naga diantaranya pektin, kalium, zat besi, magnesium, fosfor serta serat yang cukup tinggi yakni 0,7 gram dalam 100 gram buah naga serta kandungan antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah kanker. Buah naga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan gula darah, mengatasi rematik, aasam urat, membantu mengontrol kadar kolestrol darah, mencegah konstipasi serta meningkatkan kesehatan organ penglihatan. Itulah tadi buah-buahan yang mengandung banyak serat, jangan lupa baca juga Kumpulan Buah Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil.
Buah-Buahan Yang Kaya Akan Serat
Buah Naga

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Buah-Buahan Kaya Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment