situs ini membahas mengenai informasi buah, biji-bijian, dan sayuran

Friday, October 13, 2017

10 Jenis Kacang Yang Masih Termasuk Dalam Jenis Polong-Polongan

Inilah 10 Jenis Kacang Yang Termasuk Polong-Polongan

1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan jenis kacang yang di gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat tempe, tahu, kecap, minyak dan susu kedelai, namun saat mengolah kacang kedelai harus menggunakan jahe atau daun pandan untuk mengurangi aroma yang menyengat karena kacang kedelai memiliki aroma yang khas. Kacang kedelai ini memiliki bentuk yang bulat kecil berwarna coklat dan memiliki tekstur yang keras, kacang kedelai ini juga cocok untuk camilan ringan yang menyehatkan dan tidak membuat gemuk. Selain itu kacang kedelai juga memiliki kandungan yang bermanfaat seperti nabati dan protein yang sangat tinggi, selain iyu kacang kedelai ini juga termasuk jenis polong-polongan.
Kacang Kedelai

2. Kacang Kapri

Kacang kapri ini memiliki warna hijau, berbentuk bulat keil dan memiliki rasa yang renyah, biasanya kacang ini di olah menjadi makanan ringan yang mempunyai rasa yang gurih dan renyah dan paling sering di temukan saat hari raya. Selain itu kacang kapri juga masih termasuk dalam jenis polong-polongan yang memiliki kulit yang lunak dan dapat di konsumsi secara langsung serta enak jika di tumis. Kacang polong memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1 yang baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu juga terdapat dua jenis kacang kapri yaitu kacang kapri pipih dan kacang kapri yang berbentuk bulat atau kacang kapri manis.
Kacang Kapri

3. Kacang Lentil

Kacang lentil ini memiliki tiga jenis yaitu lentil hijau, lentil merah dan lentil kuning, kacang lentil ini memiliki bentuk kecil, bulat dan pipih serta memiliki rasa yang gurih dan lembut. Kacang lentil ini biasanya di gunakan dalam beberapa jenis olahan seperti perkedel, kebab dan sup. Namun sebelum di olah sebaiknya di rendam terlebih dahulu lalu di rebus agar lebih empuk, biasanya kacang ini lebih banyak di konsumsi di Timur tengah, Maroko, Turki dan India.  Dalam kacang lentil ini terdapat banyak kandunngan gizi yang bermanfaat seperti mineral, protein, zat besi, serat dan karbohidrat. Karena memiliki kandungan yang lengkap membuat kacang ini sangat cocok untuk program diet.
Kacang Lentil


4. Kacang Buncis

Kacang buncis memiliki kandungan vitamin dan protein yang cukup tinggi sehingga jika kita sering mengonsumsi buncis maka akan mendapatkan kandungan yang di dalamnya. Buncis merupakan jenis polong-polongan yang dapat dimanfaatkan bua, biji serta daunnya sebagai sayuran. Biasanya buncis ini di masak dengan cara di tumis ataupun di sayur dan memiliki tekstur yang lembut serta renyah.
Kacang Buncis

5. Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki bentuk yang panjang, berukuran sedang, berwarna hijau dan bertekstur empuk. Biasanya kacang ini olah seperti di sayur, di tumis atau sebagai lalapan. Kacang ini juga menyehatkan bagi tubuh. Pada bagian buah kacang panjang terdapat beberapa kandungan seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, protein, lemak, fosfor, besi, belerang, kalsium, mangan, magnesium dan niasin. Tidak hanya itu saja daun kacang ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat diantaranya polifenol dan saponin. Kacang panjang ini juga berkhasiat dapat menyembuhkan beberapa penyakit yaitu dapat menyembuhkan anemia, mengatasi masalah pencernaan, gangguan kencing dan masih banyak lagi.
Kacang Panjang


6. Kacang Polong

Kacang polong ini memiliki kandungan vitamin serta serat yang cukup tinggi dan berwarna hijau. Biasanya kacang ini di gunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan seperti tumis, sup dan nasi goreng, kacang ini juga dapat sebagai camilan yang sehat. Selain itu kacang polong juga mengandung vitamin B kompleks, zat besi, vitamin C, protein, asam folat dan beta karoten ang baik untuk kesehatan mata.
Kacang Polong

7. Kacang Hijau

Kacang hiaju ini memiliki tekstur yang keras, berbentuk kecil bulat dan berwarna hijau, biasanya di olah menjadi bubur kacang hijau. Namun untuk mengolah kacang hijau ini kita harus merendamnya terlebih dahulu kurang lebih selama dua jam agar teksrurnya menjadi empuk. Kacang hijau ini memiliki rasa yang cukup enak dan memiliki kandungan yang bermanfaat yang mampu membantu pertumbuhaan serta membentuk sel-sel tubuh dan mencegah anemia sehingga banyak orang menyukai kacang hijau ini karena sangat bermanfaat bagi tubuh.
Kacang Hijau

8. Kacang Merah

Kacang merah ini banyak di gunakan sebagai bahan campuaran dalam makanan seperti es campur, selai, sup dan isian kue. Kacang merah ini memiliki rasa yang enak berbentuk bulat lonjong, berwarna merah dan memiliki tekstur yang empuk. Perlu anda ketahui bahwa kacang merah ini sangat cocok di konsumsi bagi yang sedang diet karena dapat memeberikan rasa kenyang lebih lama sehingga tidak membuat anda menjadi gemuk karena bisa mengontrol berat badan anda.
Kacang Merah


9. Kacang Bogor

Kacang Bogor memiliki kandungan asam amino, metionin, protein, karbohidrat dan minyak. Kacang ini banyak di jual di daerah bogor sehingga lebih sering di sebut sebagai kacang Bogor. Untuk mengolah kacang ini anda cukup dengan merebus atau menggorengnya saja serta di tambahkan sedikit garam.
Kacang Bogor


10. Kacang Tunggak

Kacang tunggak ini memiliki bentuk lonjong agak bulat, berwarna kecoklata dan ada juga yang berwarna merah serta memiliki tekstur yang empuk dan sedikit kenyal. Selain itu biasanya kacang ini di olah menjadi makanan ringan yang enak seperti kacang goreng, kacang rebus, kacang sangrai, kacang asin, kacang bawang, kacang telur, permen kacang dan selaai kacang. Tidak hanya itu saja kacang ini juga dapat di gunakan sebagi bahan campuran dalam masakan tradisional, kacang ini juga memiliki banyak sebutan seperti kacang kacang beras, kacang dadap atau black eyed peas dan kacang tolo. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi anda, jangan lupa juga untuk melihat artikel selanjutnya tentang Inilah Kumpulan 8 Biji-Bijian Tersehat Di Dunia.
Kacang Tunggak



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jenis Kacang Yang Masih Termasuk Dalam Jenis Polong-Polongan

0 komentar:

Post a Comment