situs ini membahas mengenai informasi buah, biji-bijian, dan sayuran

Thursday, October 19, 2017

Khasiat Dalam Kacang Kuda Yang Perlu Anda Ketahui

Khasiat Dalam Kacang Kuda
Kacang Kuda

1. Kaya Serat

Tidak berbeda dengan kacang-kacang yang lain, kacang ini juga memiliki kandungan yaitu serat tak larut dan serat larut yang masing-masing memiliki manfaat. Serat tak larut dapat membantu meringankan sembelit, mencegah gangguan sistem pencernaan pada usus. Sedangkan serat larutdapat membantu membentuk bahan seperti gel di dalam saluran pencernaan serta menyimpan makanan yang melindungi kolestrol kemudian membuangnya keluar dari tubuh.

2. Protein Bagi Vegetarian

Kacang kuda memiliki sumber protein yang baik seperti protein gandum yang menyediakan jumlah protein yang sebanding dengan suatu makanan tanpa kalori yang tinggi, dan lemak yang sebanding dengan daging. Kita tidak harus mengonsumsi daging untuk mendapatkan kandungan nutrisinya namun dengan mengonsumsi kacang kuda ini juga akan mendapatkan kandungan nutrisi yang bbaik.

3. Sumber Mangan Untuk Pengeluaran Tenaga

Dari satu cawa kacang kuda terdapat 84,5% mangan. Kacang kuda ini merupakan sumber mineral surih mangan atau pencetus enzim yang sangat penting dalam mempertahankan antioksidan dan pengeluaran tenaga. Maka kita tidak akan mudah kehilangan tenaga kita.

4. Sumber Besi

Tingginya kandungan besi pada kacanng kuda ini dapat meningkatkan tenaga pada tubuh kita, apalagi bagi wanita yang sedang haid, menyusui atau wanita hamil sangat cocok mengonsumsi kacang kuda ini. Komponen penting dalam hemoglobin yaitu besi yang dapat mengangkut oksigen dari paru-paru kemudian menyebarkan ke semua sel yang ada dalam tubuh serta salah satu bagian dari sistem enzim paling utama untuk pengeluaran metabolisme dan tenaga.

5. Menstabilkan Gula Dalam Darah dan Glycaemic Yang Rendah (GI)

Kandungan GI yang rendah dalam kacang kuda yaitu 28-32 bermanfaat untuk karbohidratdi dalamnya dapat di pecah serta di cerna secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengurangi berat badan karena kacang kuda ini mampu mengontrol nafsu makan anda agar tidak berlebihan. Kandungan serat larut dalam kacang kuda ini dapat membantu untuk menstabilakan nkadar gula dalam darah. Selain itu juga dapat mengimbangi tahap gula dalam darah agar kadar gula dalam darah tetap stabil bagi anda yang mempunyai rintangan insulin, kencing manis atau hipoglisemia.

6. Menyehatkan Jantung

Kacang kuda ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan jantung kita karena  terdapat kandungan magnesium serta folat yang cukup besar yang dapat menurunkan kadar LDL (tidak baik) dan jumlah kolestrol. Kandungan folat dapat membantu merendahkan homosistein, asid amino serta menguatkan saluran darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. 

7. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Kandungan dalam kacang kuda sangat bermanfaat karena kacang kuda ini dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Terdapat kandungan saponin serta fitokimia dalam kacang kuda yang bertindak sebagai antioksidan. Hal ini dapat membantu mengurangi resiko osteoporosis dan mengurangi rasa tidak selera bagi wanita yang telah selesai menopaus. 

8. Menurunkan Berat Badan

Kacang kuda ini sangat cocok bagi anda yang sedang diet karena kacang kuda mengandung GI serta serat yang rendah.  Karena kacang kuda ini dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan anda. Sehingga berat badan anda tidak akan mudah bertambah dan akan tidak akan mudah gemuk. Namun juga harus melakukan olah raga agar lebih maksimal.

9. Kening Manis/Diabetes

Bagi yang sedang menderita diabetes tahap 1 di anjurkan untuk melakukan diet yaitu diet serat tinggi agar dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Wanita yang sedang mengalami diabetes di anjurkan untuk mengonsumsi serat minimal 21-25 gram dan bagi laki-laki minimal 30-38 gram. Sehingga kadar glukosa dalam darah tidak akan mudah bertambah dan tidak mudah terkena penyakit diabetes.

10. Menyehatkan Jantung

Kacang kuda mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu mengurangi kandungan kolestrol dalam darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Kandungan vitamin C, vitamin B6, potasium serta serat merupakan kandungan yang baik untuk kesehatan jantung. Sehingga jantung kita akan lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit jantung.


11. Bagus Untuk  Mata

Kandungan vitamin A dalam kacang kuda berperan penting untuk kesehatan membranmucus atau pandangan mata. Jika kita sering mengonsumsi kacang kuda ini maka akan membantu meningkatkan pandangan mata kita serta membuat mata kita menjadi lebih sehat lagi.


12. Mengobati Kanser

Dalam kacang kuda terdapat kandungan selenium dan mineral yang membantu enzim dalam hati yang berfungsi dengan baik, mengurangi penyebab-penyebab kanser dalam badan, mengurangi kadar pertumbuhan tumor serta mencegah keradangan tumor. Kandungan vitamin C dalam kacang kuda yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat ang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas.


13. Sistem Pencernaan

Kacang kuda ini juga bermanfaat baik bagi yang sedang sakit usus, dan melancarkan pencernaan anda. Kacang kuda ini juga dapat membantu pergerakan dari sistem pencernan, menyehatkan usus dan mencegah sembelit. Semoga ulasan mengenai manfaat kacang kuda ini dapat bermanfaat bagi anda, lihat juga artikel selanjutnya yaitu tentang 8 Jenis Kacang Yang Cocok Untuk Ibu Hamil.
   

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Dalam Kacang Kuda Yang Perlu Anda Ketahui

0 komentar:

Post a Comment